Panduan HR Admin Xemart HR

Biar kerja makin mudah dan nggak ribet!

1. Login ke Sistem

  1. Buka browser favorit kamu, terus masuk ke https://hr.xemart.id.
  2. Masukkan email dan password yang sudah didaftarin.
  3. Kalau berhasil, kamu bakal langsung masuk ke dashboard utama.
Tips: Jangan share password kamu ya, biar aman!

2. Update Bisnis Profile

  1. Klik menu "Bisnis Profile" di sidebar kiri.
  2. Lengkapi semua data:
    - Nama : Nama lengkap Usaha/Perusahaan kamu.
    - Telp : No Telepon Usaha/Perusahaan kamu (Nomor WA juga boleh).
    - Alamat : Alamat lengkap Usaha/Perusahaan kamu.
    - Off Day : Hari libur setiap minggu di kantor kamu (Hanya berlaku untuk karyawan office hour).
    - Close Date : Tanggal closing absen tiap bulannya.
  3. Isi Password pada kolom Confirm Password dan Klik tombol Save Profile dibagian bawah.

2. Menambah Data Cabang

Masukan semua data cabang kantormu di menu ini!
  1. Klik menu "Cabang" di sidebar kiri.
  2. Untuk tambah data baru, klik tombol "Add New" di kanan atas tabel.
  3. Isi nama cabang.
  4. Kalau mau edit data, klik ikon pensil di baris data yang ingin diubah.
  5. Kalau mau hapus, klik ikon tempat sampah, jangan lupa konfirmasi ya.

3. Mengatur Koordinat Presensi

Koordinat Presensi adalah titik GPS yang boleh buat absen semua karyawan. Ga harus lokasi kantor, tapi lokasi meeting atau event juga bisa kamu daftarin.
  1. Klik menu "Koordinat Presensi" di sidebar kiri.
  2. Untuk tambah data baru, klik tombol "Add New" di kanan atas tabel.
  3. Isi & Lengkapi:
    - Nama lokasi : Nama lengkap lokasinya.
    - Latitude : kamu bisa copy dari google maps (Klik kanan di google maps pada titik yang kamu tentuin).
    - Longitude : kamu bisa copy dari google maps (Klik kanan di google maps pada titik yang kamu tentuin).
    - Radius Presensi : Jarak paling jauh yang dibolehkan absen dari titik GPS (satuan meter).
    - Time Zone : Zona waktu.
    - Status : Aktif/Non Aktif.
  4. Kalau mau edit data, klik ikon pensil di baris data yang ingin diubah.
  5. Kalau mau hapus, klik ikon tempat sampah, jangan lupa konfirmasi ya.

4. Menambah Kategori Izin/Cuti

Data kategori izin/cuti saat karyawan pengajuan tidak masuk kerja.
Note: Tidak masuk karena Libur tanggal merah juga harus pengajuan.
  1. Klik menu "Kategori Izin Full Day" di sidebar kiri.
  2. Untuk tambah data baru, klik tombol "Add New" di kanan atas tabel.
  3. Isi kode dan nama kategorinya (Contoh: nama Cuti kode C atau nama Libur Nasional kode LN).

  4. Kalau mau edit data, klik ikon pensil di baris data yang ingin diubah.
  5. Kalau mau hapus, klik ikon tempat sampah, jangan lupa konfirmasi ya.

5. Mengelola Jabatan

  1. Klik menu "Jabatan" di sidebar kiri.
  2. Untuk tambah data baru, klik tombol "Add New" di kanan atas tabel.
  3. Isi nama jabatan dan jenis jam kerja (Office Hour: ada hari libur, Full Day: tidak ada libur dari senin - minggu),
    Klik Save dan kamu selanjutnya diminta mengisi jadwal jam kerja dari hari senin - minggu.
    Note: dalam satu hari boleh mengisi jam kerja lebih dari satu kali.
  4. Kalau mau edit data, klik ikon pensil di baris data yang ingin diubah.
  5. Kalau mau hapus, klik ikon tempat sampah, jangan lupa konfirmasi ya.

6. Mengelola Data Karyawan

  1. Klik menu "Karyawan" di sidebar kiri.
  2. Untuk tambah data baru, klik tombol "Add New" di kanan atas tabel.
  3. Isi form lengkap, mulai dari nama, jabatan, sampai tanggal masuk kerja.
  4. Kalau mau edit data, klik ikon pensil di baris data karyawan yang ingin diubah.
  5. Kalau mau hapus, klik ikon tempat sampah, jangan lupa konfirmasi ya.

3. Absensi Karyawan

  1. Pilih menu "Absensi" di sidebar.
  2. Kamu bisa lihat daftar absensi harian, atau filter berdasarkan tanggal dan karyawan.
  3. Untuk input manual, klik "Tambah Absensi", lalu pilih nama karyawan, tanggal, dan status (Hadir, Sakit, Izin, dll).
Tips: Absensi wajib diupdate setiap hari biar data selalu up to date!

4. Laporan dan Export Data

  1. Menu "Laporan" adalah tempat buat lihat rangkuman data karyawan dan absensi.
  2. Pilih jenis laporan yang mau kamu generate (misal: laporan absensi bulan ini).
  3. Klik tombol "Export" untuk download laporan dalam format Excel atau PDF.

5. Logout

  1. Kalau sudah selesai, jangan lupa logout supaya akun kamu aman.
  2. Klik foto profil di kanan atas, lalu pilih "Logout".